Home & Living 13 Mei 2019

5 Tips Dapur Bersih untuk Jaga Kesehatan Makanan Selama Puasa

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang bisa menjaga kesehatan tubuh saat puasa. Namun, kesehatan tubuh saat puasa juga perlu diperhatikan dari segi kebersihan makanan yang akan dikonsumsi baik itu saat buka puasa atau saat sahur. Makanan yang tidak terjaga kebersihannya malah akan membawa kuman penyakit lebih banyak ke dalam tubuh dan bisa mengganggu ibadah puasa kita.

Saat puasa biasanya kita menyediakan stok makanan untuk satu bulan penuh agar tidak repot untuk belanja lagi. Stok makanan ini tentunya akan disimpan di area dapur agar memudahkan kita untuk menyiapkan bahan makanan saat akan mengolahnya. Untuk menjaga kebersihan makanan, dapur beserta perlengkapan dan peralatannya pun harus selalu dalam keadaan bersih. Berikut ini adalah cara yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan dapur agar makanan tetap bersih selama puasa.

  1. Perlengkapan dapur harus steril
    Saat bulan puasa, kegiatan di dapur bisa jadi tidak pernah berhenti untuk menyiapkan hidangan mulai dari sahur hingga berbuka, dan ini akan membuat dapur selalu terlihat kotor dan berantakan. Meskipun sedang puasa, tetap semangat untuk membersihkan dan mengecek kebersihan dapur secara rutin, baik itu rak di dapur, dinding dapur, hingga lemari dapur atau kitchen cabinet.
  2. Peralatan masak harus steril
    Bakteri dan kuman penyakit yang mencemari makanan bisa berasal dari peralatan masak yang tidak bersih. Setiap peralatan masak baiknya dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan. Sebelum memasak, pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel dan setelah memasak pastikan tidak ada sisa kotoran yang tertinggal pada peralatan memasak.
  3. Bersihkan kulkas secara teratur
    Saat puasa, biasanya kita menyimpan makanan sahur di kulkas untuk diolah nanti atau menyimpan makanan sisa buka puasa. Noda atau bau makanan yang bercampur di dalam kulkas bisa jadi sumber kuman dan penyakit bagi makanan di dalam kulkas. Oleh sebab itu, pastikan kulkas dibersihkan secara teratur agar kebersihan makanan juga terjaga.
  4. Bersihkan meja makan
    Setelah buka puasa dan sahur, letakkan peralatan makan di tempat cuci piring dan cuci segera agar sisa makanan tidak terlalu lama menempel pada peralatan makan. Setelah itu bersihkan meja makan dengan lap khusus untuk meja makan agar bakteri dari segala tempat tidak hinggap di meja makan. 
  5. Jangan biarkan sampah menumpuk
    Tempat sampah di dapur harus selalu dalam kondisi bersih. Bila perlu pisahkan sampah basah dan kering, dan jangan tunggu buang sampah sampai sampah menumpuk. Buang sampah secara teratur agar tidak mengundang serangga seperti kecoa mampir ke dapur kita. Kecoa adalah salah satu hewan berbahaya yang bisa menyebarkan jutaan bakteri ke peralatan dapur dan makanan. Pastikan dapur Anda bebas dari kecoa agar kebersihan makanan tetap terjaga.

Jika sampai ada kecoa di dapur Anda, segera basmi dengan HIT Anti Kecoa Spray, produk anti kecoa spray pertama di Indonesia dengan teknologi CPM-Anti Roach Formula dan Pipa Pemburu. Dilengkapi dengan teknologi pipa semprot yang bisa diarahkan ke segala arah, HIT Anti Kecoa Spray bisa membasmi kecoa yang bersembunyi di sudut rumah yang sulit dijangkau, seperti di lubang saluran air.

HIT Anti Kecoa Spray memiliki aksi ganda dalam membunuh kecoa yang terlihat bahkan yang tersembunyi. Cukup semprotkan HIT Anti Kecoa Spray di tempat persembunyian kecoa dan kecoa mati seketika.

Segera dapatkan Promo HIT Anti Kecoa Spray di minimarket terdekat atau dapatkan di “Godrej Indonesia Official Store” di Bukalapak atau Tokopedia.