Kesehatan 25 Juni 2020

Wajib Tahu! Nyamuk DBD Biasa Menghisap Darah Pada Jam Ini

Tindakan pencegahan terhadap ancaman wabah virus Covid-19 di saat masa new normal, masih harus diperhatikan. Akan tetapi, Anda juga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap salah satu masalah kesehatan serius di Indonesia yakni, penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aides Aegypti atau nyamuk DBD.

Saat nyamuk DBD melancarkan aksinya menghisap darah manusia, biasanya akan timbul gejala DBD seperti, demam tinggi disertai ruam merah pada kulit, mual dan muntah, pendarahan ringan serta lemas. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, tentunya dapat mengancam nyawa orang yang terjangkiti.

Dalam mencegah penyebaran penyakit DBD, selain menjaga kebersihan rumah serta lingkungan sekitar, Anda juga perlu mengetahui jam yang biasa dijadikan waktu yang tepat bagi nyamuk DBD betina mencari mangsa untuk dihisap darahnya berikut ini.

1. Pagi dan sore hari

Berbeda dengan nyamuk lainnya yang bisa menghisap darah kapanpun, nyamuk DBD betina memiliki pola aktivitas menghisap darah pada pagi dan sore hari. Biasanya jam aktif mereka menghisap darah terjadi sekitar pukul 07.00 hingga 09.00 WIB dan 15.00 hingga 17.00 WIB. Di luar jam tersebut, nyamuk DBD lebih memilih hinggap di air bersih untuk bertelur.

2. Siang dan malam hari

Dikutip dari liputan6.com pada Januari 2019 lalu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan, pola aktivitas nyamuk DBD menghisap darah juga terjadi antara pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Hal tersebut didasari atas banyaknya kasus DBD yang menjangkiti anak, saat berada di sekolah pada jam tersebut.

Bahkan, dilansir oleh indopos.co.id pada Februari tahun lalu, penelitian dari Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman, Institut Pertanian Bogor menjelaskan, nyamuk DBD mengalami perubahan perilaku adaptif. Jika sebelumnya diketahui nyamuk DBD aktif di pagi, siang dan sore hari, pada penelitian tersebut diketahui nyamuk DBD juga kerap menghisap darah pada malam hari.

Oleh karena itu, beragam cara untuk membasmi nyamuk DBD di rumah perlu dilakukan, salah satunya dengan menggunakan anti nyamuk semprot. Agar memberikan rasa nyaman saat beraktivitas di rumah, hindari anti nyamuk dengan aroma menyengat.

Anda bisa menggunakan HIT EXPERT Aerosol sebagai anti nyamuk dengan pilihan wangi lembut Fresh Citrus, Sweet Flower dan Blooming Tea sebagai cara membasmi nyamuk yang efektif dan praktis dengan aroma segar.

HIT EXPERT Aerosol juga telah terbukti keampuhannya, dengan dilengkapi dengan formula baru serta High Intensity Technology (Double Nozzle dan Micro Particle) yang dapat membunuh nyamuk lebih cepat dan mencegahnya berkembang biak. HIT EXPERT Aerosol merupakan pembasmi dan pengusir nyamuk yang dapat digunakan di berbagai musim, serta ampuh membunuh nyamuk penyebab DBD hingga nyamuk yang sulit dibunuh sekalipun.

Semprot seluruh ruangan di rumah dengan menggunakan HIT EXPERT Aerosol secara rutin, guna basmi serangan nyamuk DBD kepada Anda dan keluarga. Dapatkan PROMO SPESIAL HIT EXPERT Aerosol hanya di Godrej Indonesia Official Store, disini!