Kesehatan 02 September 2020

Ternyata! Ini Alasan Ibu Hamil Kerap Menjadi Incaran Nyamuk

Serangan nyamuk di dalam rumah, tentunya sangat menjengkelkan. Tak hanya menyebabkan gatal pada kulit, gigitan nyamuk juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti, demam berdarah dengue (DBD), zika, malaria dan chikungunya.

Frekuensi gigitan nyamuk tersebut seringkali dirasakan oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Hal ini tentunya sangat mengganggu, terutama bagi kesehatan ibu beserta janinnya. Seperti dikutip dari halodoc.com, ibu hamil yang tertular virus zika melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti, dapat berakibat meningkatnya kondisi mikrosefalus pada bayinya yang baru lahir yaitu, kondisi neurologis dengan kepala kecil dan otak kecil. 

Selain itu, ibu hamil yang terinfeksi virus zika juga dapat menyebabkan bayinya yang baru lahir mengalami masalah mata, gangguan pendengaran dan gangguan pertumbuhan. Lalu, apa penyebabnya sehingga ibu hamil sering menjadi incaran nyamuk? Berikut penjelasannya.

1. Cenderung mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak

Menurut penelitian dari University of Durham, Inggris dan Dewan Riset Medis di Gambia, Afrika dikutip dari haibunda.com, ibu yang sedang hamil cenderung mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak karena adanya kenaikan berat badan. Hal ini yang membuat nyamuk kerap kali mengincar ibu hamil untuk menjadi korban gigitannya, karena pada dasarnya nyamuk sangat tertarik oleh karbon dioksida.

2. Kenaikan suhu tubuh

Ibu dalam kondisi hamil cenderung mengalami kenaikan suhu tubuh. Meningkatnya suhu tubuh menjadi lebih panas, dapat memicu lebih banyak zat volatil yang dilepaskan oleh kulit. Oleh karenanya, ibu hamil lebih mudah terdeteksi oleh nyamuk akibat zat volatil yang dikeluarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman 1 2