Kesehatan 06 Desember 2018

Tanda & Gejala Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk Serta Pengobatannya

Indonesia adalah negara tropis dimana penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk masih merupakan masalah kesehatan utama. Beberapa penyakit akibat nyamuk yang masih merupakan masalah utama diantaranya adalah Demam dengue, Malaria, Chikungunya, Filariasis, dan yang terbaru Zika.

Demam Dengue

Demam dengue adalah demam yang disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegepty. Secara medis dikenal demam dengue dan demam  berdarah dengue. Tanda dan gejala akibat virus dengue adalah demam, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, muntah. Sedangkan gejala demam berdarah dengue ditandai dengan adanya perdarahan kulit (petechie) atau perdarahan spontan. Secara laboratorium didapatkan trombosit turun,  NS1 atau IgG-IgM positif dan bila ada kebocoran plasma maka didapatkan peningkatan kadar hematokrit dan atau Hemoglobin. Pengobatan demam dengue ditujukan untuk mengatasi gangguan hemodinamik dengan pemberian cairan infus, sedangkan keluhan penyerta diobati sesuai keluhannya. Bila terjadi perdarahan maka pemberian komponen darah dapat dilakukan.  Saat ini sudah ditemukan vaksin untuk melindungi seseorang dari demam dengue dengan efektivitas yang cukup tinggi.

Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa plasmodium yang disebarkan   melalui gigitan nyamuk. Gejala dan tanda klinis malaria bervariasi dari yang ringan hingga berat. Gejala ringan dapat berupa demam dan gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, kadang diare. Sedangkan tanda dan gejala malaria berat tergantung organ yang terkena. Organ yang sering terdampak malaria diantaranya: otak, paru, liver, ginjal dan darah. Diagnosis Malaria ditegakkan dengan cara pemeriksaan darah ditemukan parasit malaria atau menggunakan metode test cepat. Pengobatan malaria menggunakan kina, kloroquin namun pengobatan terkini menggunakan obat golongan artemisinin.

Chikungunya

Chikungunya merupakan penyakit lain yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegepty, penyakit ini disebabkan oleh virus chikungunya. Tanda dan gejala penyakit ini mirip dengan demam dengue, hanya saja gejala nyeri sendinya sangat menonjol dan juga ruam kulit. Oleh sebab itu demam chikungunya dikenal juga sebagai flu tulang. Diagnosis chikungunya berdasarkan pemeriksaan serologi dan virologi di laboratorium. Pengobatan Chikungunya tidak spesifik dan lebih ditujukan untuk mengatasi keluhannya.

Zika

Demam Zika merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Zika dan ditularkan oleh nyamuk aedes aegepty. Tanda dan gejalanya mirip dengan demam dengue, jarang menjadi fatal. Komplikasi yang ditakutkan adalah pada ibu hamil yang dapat menyebabkan mikrocepali (ukuran kepala bayi yang kecil) dan diduga kuat menyebabkan sindroma Guillain Barre pada orang dewasa. Diagnosisnya secara virologi dan serologi. Pengobatan demam zika tidak ada yang spesifik, artinya pengobatan ditujukan pada mengurangi gejalanya saja.

Filaris

Filariasis atau kaki gajah adalah penyakit yang diakibatkan oleh cacing disebarkan oleh nyamuk atau lalat hitam. Menyerang kelenjar limfa dan menyumbat sehingga kaki penderita membesar seperti kaki gajah. Gejala lainnya adalah ruam, nyeri sendi namun jarang ditemukan.   Diagnosis ditegakkan dengan menemukan filaria didalam sediaan hapusan darah tepi. Pengobatannya adalah dengan obat cacing.

Nah, sudah tau kan betapa bahaya nya Nyamuk. Yuk mulai terapkan pola hidup bersih, rumah bersih dan lingkungan bersih agar kesehatan kita dan keluarga selalu terjaga! Dapatkan PROMO HIT Expert Aerosol di https://goo.gl/S8PxVG . Segera rasakan keampuhannya!