Kesehatan 23 Juli 2019

Mengenal Nyamuk Aedes Aegypti, Penyebar Virus Demam Berdarah

Nyamuk DBD (Demam Berdarah Dengue) dikenal juga dengan sebutan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk inilah yang menyebarkan virus dengue lewat gigitannya ke dalam kulit manusia. Gigitan Nyamuk DBD ini akan mengalirkan virus dengue ke pembuluh darah dan kemudian menginfeksi sel-sel sehat tubuh. Jadi, Penyakit DBD tidak menular melalui kontak dari orang ke orang, tetapi menular lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Siklus Hidup Nyamuk Aedes Aegypti

Nyamuk Aedes aegypti mempunyai siklus hidup lengkap, mulai dari telur, larva, pupa, hingga nyamuk dewasa. Perjalanan mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa ini bisa selesai dalam waktu satu setengah sampai tiga minggu. Setelah menjadi nyamuk dewasa, rentang hidup Nyamuk DBD bisa berlangsung selama 2 minggu hingga 1 bulan, tergantung dari kondisi lingkungan tempat hidupnya. Nyamuk Aedes aegypti dewasa betina kemudian berkembang biak menghasilkan rata-rata 100 – 200 telur. Jumlah telur yang dihasilkan oleh nyamuk Aedes aegypti betina bisa berubah-ubah, tergantung banyaknya darah yang diisap.

Ciri Nyamuk Aedes Aegypti

Ciri nyamuk Aedes aegypti dewasa yang mudah dikenali adalah pola belang putih pada tubuh dan kakinya. Namun, nyamuk yang bertanggung jawab atas penularan Penyakit DBD adalah nyamuk Aedes aegypti betina. Hal ini karena nyamuk betina lebih membutuhkan darah untuk bertelur.

Untuk mencari tahu ciri jentik Nyamuk DBD, perhatikan jentik yang biasa ditemukan di tempat penampungan air. Jentik Nyamuk DBD bergerak lebih aktif dari bawah ke atas permukaan air secara berulang-ulang. Jika menemukan jentik yang bergerak aktif seperti itu di penampungan air, baiknya segera kuras tempat penampungan air tersebut untuk mencegah Nyamuk DBD berkembang biak.

Tempat Berkembang Biak

Daerah yang panas dan lembab, seperti di Indonesia, adalah tempat favorit nyamuk untuk berdiam dan berkembang biak. Tempat yang gelap, lembab, terlebih lagi ada genangan air, menjadi tempat kesukaan nyamuk Aedes aegypti betina untuk bertelur.

Telur nyamuk Aedes aegypti betina diletakkan pada permukaan basah atau air yang tergenang, seperti lubang pohon, tong, ember, vas bunga, pot tanaman, tangki, botol bekas, kaleng, ban, dan sebagainya. Lokasi tersebut merupakan habitat telur Nyamuk DBD untuk berkembang menjadi nyamuk dewasa.

Tidak seperti kebanyakan jenis nyamuk lainnya, nyamuk Aedes aegypti betina meletakkan telurnya secara tersebar. Jadi, telur Nyamuk DBD tidak diletakkan dalam satu tempat sekaligus, tapi diletakkan di lebih dari satu tempat. Jika lingkungan sekitar telur mendukung, telur tersebut bisa bertahan sampai kurang lebih satu tahun.

Waktu Aktif Mencari Makan

Nyamuk DBD paling aktif mencari mangsa sekitar 2 jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Nyamuk ini pun bisa menggigit pada malam hari di lokasi dengan penerangan yang baik.

Nyamuk DBD betina paling suka menghabiskan waktunya di rumah, baik itu di dalam atau di sekitar rumah. Nyamuk ini bisa terbang sejauh 400 meter dengan kemampuan terbang setinggi 100 meter. Dengan daya jangkau dan kemampuan terbang seperti ini, penularan Penyakit DBD bisa tersebar cukup jauh.

Cara makan Nyamuk DBD bersifat multiple feeding, artinya nyamuk ini bisa menghisap darah beberapa kali sampai kebutuhan darahnya terpenuhi. Di wilayah pemukiman berpenduduk padat, sifat multiple feeding ini juga dapat meningkatkan risiko penularan Penyakit DBD. Hal ini karena satu nyamuk yang terinfeksi virus dengue mampu menularkan virus kepada lebih dari satu orang pada periode satu kali makan.

Cara Membasmi Nyamuk DBD

Hal umum yang biasanya dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan Nyamuk DBD adalah dengan melakukan 3M, yaitu menutup, menguras, mengubur. Selain itu, kita juga bisa membuang atau mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak Nyamuk DBD.

Agar nyamuk tidak betah tinggal di kamar, jangan menggantung pakaian baik itu pakaian bersih dan kotor terlalu lama tanpa ditutup. Selain itu, semprot ruangan di rumah secara rutin menggunakan HIT Exepert Aerosol yang ampuh membasmi Nyamuk DBD dengan cepat.

Untuk mengusir nyamuk pada berbagai musim, pastikan Anda juga selalu sedia obat nyamuk semprot di rumah, seperti HIT EXPERT Aerosol.

HIT EXPERT Aerosol dilengkapi dengan formula baru dan teknologi double-noozle yang bisa membunuhi nyamuk lebih cepat, bahkan nyamuk yang sulit dibunuh sekalipun.

Segera dapatkan HIT EXPERT Aerosol di minimarket terdekat atau dapatkan di “Godrej Indonesia Official Store” di Bukalapak , Tokopedia , dan Lazada .