Kesehatan 05 Desember 2018

Lakukan hal mudah ini agar bebas nyamuk

Kita tentu sudah familiar dengan makhluk kecil yang sering kali menjadi momok pengganggu lelapnya tidur. Mahluk kecil yang satu ini nyaris tidak ada manfaatnya bagi manusia namun bermanfaat bagi produsen obat anti nyamuk sehingga beragam carapun dilakukan untuk menghindari gigitan nyamuk yang menyebalkan dan berpotensi mematikan.

Bukan hanya menjadi momok yang menganggu, nyamuk merupakan serangga yang mampu mengancam nyawa manusia yang terkena gigitannya. Oleh karena itu, patut kita ketahui apa saja penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang dapat mengganggu kesehatan kita dan keluarga tercinta.

Jenis penyakit akibat gigitan nyamuk yang sudah familiar di telinga masyarakat ialah Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini merupakan satu dari sekian banyaknya penyakit yang penyebarannya disebabkan melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini memiliki gejala yang paling umum, yaitu suhu tubuh yang tinggi, nyeri sendi dan nyeri otot.

Penderita DBD akan mengalami 2 fase, yaitu fase kritis dan fase penyembuhan. Dimana fase kritis biasanya menjadi ‘pengecoh’ bagi masyarakat awam, sebab penderitanya akan merasa pulih dan sudah bisa kembali beraktifitas. Hal ini biasanya ditandai dengan perubahan suhu tubuh yaitu penurunan dari suhu yang tinggi ke suhu normal, hingga penurunan trombosit secara drastis yang menyebabkan adanya pendarahan yang tidak disadari. Fase ini tidak boleh dibiarkan berlangsung selama lebih dari 24Jam. Bila penderita berhasil melewati fase kritis, maka kesehatan penderita DBD akan berangsur membaik diikuti dengan tanda - tanda nafsu makan yang meningkat, dan penurunan gejala nyeri, serta peningkatan sel darah putih dan trombosit.

Sudah terbukti kan? Nyamuk yang dibiarkan berkeliaran bebas di rumah atau lingkungan Anda memiliki potensi ancaman yang cukup tinggi bila tidak segera ditangani. Simak beberapa tips berikut ini agar keluarga Anda terhindar dari serangan nyamuk pembawa virus Demam Berdarah Dengue (DBD):

Rajin Membersihkan Bak Mandi
Air merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk, terutama nyamuk penyebab DBD (atau biasa dikenal sebagai Aedes Aegypti). Nyamuk betina akan bertelur di dinding – dinding bak mandi yang telah terisi air dan proses pertumbuhan mereka akan memakan waktu selama 8 – 10 hari. Sangat disarankan bagi Anda untuk membersihkan bak mandi Anda minimal 1 minggu sekali untuk memutus siklus hidup nyamuk tersebut.

Jangan Biarkan Pakaian Kotor Anda Berserakan Atau Ditumpuk Terlalu Lama
Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit untuk nyamuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia, oleh karena itu simpan pakaian kotor Anda di dalam tempat tertutup dan jangan dibiarkan terlalu lama.

Gunakan Anti Nyamuk
Anti nyamuk merupakan pembasmi nyamuk paling ampuh, gunakan HIT Expert Aerosol dengan High Intensity Technology Double Nozzle dan Micro Particle bunuh nyamuk yang sulit dibunuh seketika. Tersedia dalam wangi Citrus, Sweet Flower, dan Blooming Tea.

Nah, sudah tau kan betapa bahaya nya mahluk kecil yang satu ini? Yuk mulai terapkan pola hidup bersih, rumah bersih dan lingkungan bersih agar kesehatan kita dan keluarga selalu terjaga! Dapatkan PROMO HIT Expert Aerosol di https://goo.gl/S8PxVG . Segera rasakan keampuhannya!