Kesehatan 08 Maret 2022

Fogging Dinilai Tidak Efektif, Ini Cara Tepat Basmi Nyamuk DBD

Selama ini banyak orang merasa aman dari ancaman nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD), jika di wilayah rumahnya sudah dilakukan pengasapan atau fogging. Padahal tindakan fogging tersebut hanya membunuh nyamuk dewasa, sementara keberadaan telur dan jentik nyamuk tetap ada.

Dikutip dari Tempo.co, Guru Besar Universitas Indonesia Prof dr Saleha Sungkar mengungkapkan, fogging memanglah efektif untuk memberantas nyamuk dewasa dengan cepat, namun beberapa waktu kemudian akan muncul kembali nyamuk yang baru. Selain itu, masih adanya masyarakat yang tidak ingin dilakukan fogging di dalam rumahnya dan hanya di lingkungan sekitarnya saja. Padahal banyak nyamuk dewasa yang bersembunyi di dalam rumah seperti pada tumpukan pakaian maupun barang-barang.

Artikel Menarik Lainnya:

Maka dari itu, ia menganjurkan cara paling efektif untuk menurunkan populasi nyamuk yakni dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), baik di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah. Karena dengan PSN, telur, larva atau jentik nyamuk juga turut dibasmi keberadaannya untuk mencegah penularan DBD dengan maksimal.

Oleh karenanya, guna melindungi keluarga dari serangan nyamuk DBD di dalam rumah, Anda perlu melakukan beberapa langkah mudah yang bisa disimak pada halaman selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman 1 2
Garansi Raket