Kesehatan 21 Februari 2019

Demam Berdarah, Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Pencegahan adalah langkah terpenting untuk menghadapi penyakit demam berdarah. Mengingat, belum ada metode pengobatan khusus untuk menyembuhkan penyakit yang telah memakan banyak korban jiwa ini.

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit akibat infeksi virus dengue yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Gejala yang umumnya muncul bila terkena demam berdarah adalah demam, sakit kepala, nyeri tulang dan otot, mual, munculnya bintik-bintik merah di kulit, hingga perdarahan pada hidung dan gusi. Namun, kadang gejala juga bisa tidak muncul.

Belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit DBD. Orang yang sedang sakit demam berdarah biasanya hanya disarankan untuk beristirahat, serta cukup makan dan minum guna mencegah dehidrasi. Namun jika gejala yang dirasakan cukup berat, seperti sering muntah, lemas, BAB berdarah, atau kaki tangan dingin dan pucat, penderita perlu segera mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Pentingnya Mencegah Demam Berdarah

Semua orang perlu melakukan tindakan pencegahan demam berdarah. Apalagi jika Anda tinggal di wilayah yang rawan terjadi penularan penyakit ini. Pencegahan penyakit DBD dapat dilakukan dengan:

  • Tidak memberi tempat bagi nyamuk untuk bersarang - Kuraslah bak mandi serta wadah-wadah untuk penampungan air, minimal sekali seminggu. Setelah dibersihkan, taburkan bubuk larvasida atau beri penutup. Perhatikan sekeliling Anda. Jika mendapati tumpukan barang bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk DBD, segera singkirkan dengan cara menguburnya.
  • Mengenakan pakaian tertutup - Jika Anda tinggal di daerah berisiko tinggi DBD atau sedang bepergian ke wilayah tersebut, gunakan baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk.
  • Memasang sekat nyamuk - Pasang kawat nyamuk pada ventilasi rumah untuk mencegah masuknya nyamuk. Bila perlu, pasang juga kelambu di sekeliling tempat tidur Anda.
  • Menyemprotkan obat pembasmi nyamuk - Untuk melindungi diri dan anggota keluarga dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah, Anda juga bisa menyemprotkan obat pembasmi nyamuk. Namun perlu diingat, pilihlah obat pembasmi nyamuk yang aman bagi kesehatan.

Sekarang juga sudah tersedia vaksin demam berdarah. Namun, vaksin ini pun tidak dapat sepenuhnya mencegah demam berdarah. Oleh karena itu, memberantas nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk masih merupakan strategi utama dalam pencegahan demam berdarah.

Peran Daya Tahan Tubuh

Lengkapi langkah-langkah pencegahan demam berdarah di atas dengan menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh mampu bekerja secara optimal untuk menangkal virus demam berdarah apabila Anda memiliki gaya hidup yang sehat. Untuk itu, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Hindari dan atasi stres sebisa mungkin
  2. Konsumsi makanan sehat
  3. Hindari konsumsi alkohol secara berlebihan
  4. Tidak merokok
  5. Rutin berolahraga
  6. Jaga kebersihan diri dan lingkungan
  7. Istirahat yang cukup

Pernah terjangkit demam berdarah tidak menjadikan Anda kebal terhadap virus penyebabnya. Kemungkinan untuk Anda terinfeksi lagi tetap ada, terlebih jika tidak memerhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal, sehingga nyamuk dapat bersarang di sana. Jadi, lakukanlah upaya pencegahan sambil tetap menjaga daya tahan tubuh, sebelum terlambat.

Dan untuk menjaga rumah dari gangguan nyamuk jangan lupa untuk selalu gunakan HIT Expert Aerosol! Dengan High Intensity Technology, Double Nozzle dan Micro Particle dapat membunuh nyamuk yang sulit dibunuh seketika. Tersedia dalam wangi Citrus, Sweet Flower, dan Blooming Tea. Dapatkan PROMO Paket Ibu lawan DBD seharga Rp 56.100 disini . Lindungi keluarga dari Nyamuk DBD dengan keampuhan HIT Expert!

Source : Alodokter