Kesehatan 19 Februari 2019

Cara Efektif Melindungi Rumah dari Ancaman Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue, yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Habitat nyamuk demam berdarah ini banyak dijumpai di pemukiman beriklim tropis dan subtropis, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, DBD sering kali ditetapkan sebagai wabah, dan masih merupakan salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia, hingga Februari 2019 ini tercatat ada lebih dari 16 ribu kasus DBD dengan 169 orang di antaranya meninggal dunia. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya, yakni 13.683 kasus dengan jumlah penderita yang meninggal dunia sebanyak 133 orang.

Cara Jitu Membasmi Sarang Nyamuk dan Menghindari Gigitan Nyamuk

Hingga kini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Vaksin demam berdarah pun tidak mampu sepenuhnya melindungi kita dari penyakit ini. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk mencegah DBD dengan cara melaksanakan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M Plus, yang meliputi:

  • Menguras dan membersihkan tempat penampungan air - Dibanding di air kotor, nyamuk demam berdarah justru lebih senang bertelur di air yang bersih .Bak mandi, ember, wadah pembuangan air kulkas, tempat minum hewan piaraan, pot bunga, atau penadah sisa air pada dispenser adalah beberapa tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Jadi, pastikan untuk menguras dan membersihkan perabotan tersebut, setidaknya seminggu sekali. 
  • Menutup rapat-rapat tempat penampungan air - Guna mengurangi risiko nyamuk berkembang biak di air yang tergenang, pastikan untuk menutup rapat tempat penampungan air, seperti drum, toren air, dan kendi.
  • Mengubur dan mendaur ulang barang bekas - Cegah penumpukan barang bekas yang berpotensi menampung air dan menjadi sarang nyamuk, misalnya ban bekas, botol bekas, dan kaleng. Caranya adalah dengan mengubur atau memanfaatkan kembali barang-barang tersebut.

Sedangkan yang dimaksud Plus adalah segala bentuk tindakan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk, yang meliputi:

  • Melindungi rumah dari nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk semprot atau obat nyamuk elektrik. Pilihlah produk obat nyamuk yang efektif dalam mengusir nyamuk, namun kandungannya aman untuk seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Penggunaannya juga harus sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label produk.
  • Memasang kasa nyamuk di setiap jendela dan lubang ventilasi udara, agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah. Bila perlu, Anda juga dapat memasang kelambu di tempat tidur atau menggunakan AC di dalam kamar.
  • Menggunakan air pancuran atau shower untuk mandi, sehingga tidak lagi memakai bak atau ember sebagai tempat penampungan air mandi.
  • Menaburkan bubuk larvasida pada bak mandi atau wadah-wadah penampungan air, selain air minum, misalnya pot tanaman. Selain itu, Anda juga dapat memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk atau menanam tanaman pengusir nyamuk.
  • Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat persembunyian nyamuk.
  • Memakai produk anti nyamuk atau mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh, seperti baju lengan panjang dan celana panjang, ketika beraktivitas di luar rumah.

Mengingat Indonesia adalah wilayah endemis demam berdarah, maka langkah pencegahan penyakit ini harus dilakukan secara rutin sepanjang tahun, bukan hanya pada musim hujan atau bila terjadi wabah. Agar upaya pencegahan DBD lebih efektif, lakukan juga pemberantasan nyamuk di lingkungan tempat tingal Anda dengan fogging.

Selain itu, Anda perlu mengenali gejala demam berdarah yang mungkin timbul tanpa disadari. Dengan begitu, penyakit ini dapat terdeteksi dan ditangani sejak dini, sebelum bertambah parah dan menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Segera temui dokter jika mendapati gejala DBD, seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah terus menerus dan berdarah, ruam, nyeri perut yang parah, gusi berdarah, mimisan, dan sulit bernapas.

Dan untuk menjaga rumah dari gangguan nyamuk jangan lupa untuk selalu gunakan HIT Expert Aerosol! Dengan High Intensity Technology, Double Nozzle dan Micro Particle dapat membunuh nyamuk yang sulit dibunuh seketika. Tersedia dalam wangi Citrus, Sweet Flower, dan Blooming Tea. Dapatkan PROMO Paket Ibu lawan DBD seharga Rp 56.100 disini . Lindungi keluarga dari Nyamuk DBD dengan keampuhan HIT Expert!

Source : Alodokter