Home & Living 20 Juni 2019

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Nyamuk Betah di Rumah

Nyamuk pada dasarnya adalah binatang pengganggu, mulai dari bunyinya yang berisik, sengatannya yang membuat gatal, hingga bisa menimbulkan penyakit yang mengancam nyawa seseorang seperti demam berdarah dan malaria.

Sebenarnya nyamuk bisa kita cegah untuk masuk dan bersarang di rumah. Kondisi dan kebiasaan kita sehari-hari di rumah akan sangat mempengaruhi keberadaan jumlah nyamuk. Selain mengikuti gerakan 3M (Menguras bak/kolam, Menutup tempat penampungan air, dan Mengubur barang bekas), pastikan Anda menghindari kebiasaan berikut ini supaya nyamuk tidak betah bersarang di rumah.

  1. Menumpuk Barang dan Baju Kotor
    Kebiasaan ini pasti sering sekali dilakukan di rumah. Tumpukan barang dan baju yang digantung merupakan tempat favorit nyamuk untuk berlindung karena kondisinya yang gelap dan lembab.

    Untuk menyimpan barang yang kiranya sudah tidak terpakai, sebaiknya sediakan tempat khusus yang jauh dari ruangan yang sering digunakan untuk beraktifitas. Sedangkan untuk baju kotor, sebaiknya langsung diletakkan dalam keranjang khusus kemudian ditutup agar nyamuk tidak hinggap dan bersarang.

  2. Membiarkan Tanaman Liar Tumbuh
    Tanaman liar yang tumbuh di halaman atau pot-pot tanaman juga bisa jadi tempat nyamuk bersembunyi. Nyamuk biasanya suka bersembunyi di daun-daun dengan bentuk lebar, tipis, dan memanjang, serta di lubang-lubang pohon sebagai cara untuk bertahan hidup dari pemangsa.

    Pastikan Anda rutin membersihkan rumput liar dan atur penempatan tanaman dengan meletakkan tanaman yang kiranya bisa jadi sarang nyamuk jauh dari ruangan rumah. Bersihkan juga daun-daun kering yang berjatuhan dan jangan biarkan menumpuk. Cek pot-pot tanaman dan pastikan tidak ada air yang tergenang.

  3. Membiarkan sampah dapur menumpuk
    Sampah yang menumpuk apalagi sampai menimbulkan bau busuk akan mengundang nyamuk untuk tinggal dan bersarang di tumpukkan sampah tersebut. Pastikan Anda membuang sampah secara rutin dan tidak menunggu hingga sampah penuh.

  4. Banyak menggunakan warna gelap di rumah
    Nyamuk sangat menyukai kegelapan sehingga warna gelap adalah warna favorit nyamuk. Benda berwarna gelap pasti menjadi tempat nyamuk berkerumun. Sebaiknya hindari pemilihan warna gelap untuk perabotan atau desain di rumah untuk mencegah nyamuk betah di rumah.

  5. Kamar selalu tertutup
    Kamar yang selalu tertutup akan mengakibatkan udara di kamar menjadi lembab dan kurang cahaya. Kondisi kamar yang seperti ini adalah favorit nyamuk karena sirkulasi udara di kamar tidak berjalan lancar. Sebaiknya biarkan kamar terbuka pada pagi hari untuk membiarkan sinar matahari masuk. Untuk kamar mandi, biarkan lampu kamar mandi selalu menyala agar ruangan lebih terang dan hangat.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari di rumah untuk mengusir nyamuk dan mencegah nyamuk bersarang di rumah. Selain itu, lindungi juga keluarga Anda dari serangan nyamuk dengan selalu sediakan HIT EXPERT Aerosol di rumah yang ampuh membunuh nyamuk bandel di rumah Anda.

Segera dapatkan HIT EXPERT Aerosol di minimarket terdekat atau dapatkan di “Godrej Indonesia Official Store” di Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada.